INFORMASI



Teknologi informasi sangat berhubungan erat dengan informasi itu sendiri, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan informasi itu sendiri? Informasi merupakan hasil “pengolahan dari data-data”. Data itu sendiri merupakan kumpulan-kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai raw material atau bahan mentah. Ada banyak jenis-jenis data yaitu, Teks, Gambar, Audio, maupun Video.
Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan kumpulan data yang telah diolah, pengolahan disini maksudnya adalah pengelompokan data-data yang sejenis dan memiliki keterkaitan. Dengan kata lain, informasi juga bisa dikatakan kumpulan data yang telah dimanipulasi.

Ada beberapa sifat informasi, yaitu PERFECT (sempurna, pasti) dan IMPERFECT, maksudnya informasi yang bersifat imperfect ini masih mengandung keraguan didalamnya
Sumber-sumber informasi antara lain :
1.      Observasi (pengamatan)
2.      Kuesioner (angket)
3.      Pencatatan
4.      Simulasi, ramalan (forecasting)
5.      Media massa
6.      Alat telekomunikasi
7.      Alat elektronis
8.      Dll.

Sebuah informasi dikatakan “baik” apabila memenuhi beberapa kriteria, antara lain:
1.      Tepat waktu
 
     Informasi yang tepat waktu merupakan informasi yang sangat dinantikan. Saat sebuah informasi datang tepat waktu, maka informasi tersebut akan membantu perkembangan informasi-informasi lain yang saling berkaitan.
2.      Akurat

3.      Mudah diakses
Sebuah informasi harus mudah diakses oleh khalayak luas, hal ini dimaksudkan agar semua pihak yang menginginkan atau berhubungan dengan informasi tersebut dapat mengetahui isi dari informasi yang ditunggu.

4.      Menghilangkan keraguan

5.      Berhubungan
Apabila tidak ada korelasi dari informasi, maka informasi tersebut akan menjadi tidak berguna atau useless.
6.      Berdasarkan fakta

ABAD INFORMASI
Evolusi abad informasi ada tiga tahap :
1.      Abad pertanian (Tahun < 1800)
Bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan.
2.      Abad Industri (1800 – 1957)
Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin.
3.      Abad Informasi (1957 – sekarang)
Pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi

MASYARAKAT INFORMASI
Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat dimana lebih banyak orang yang bekerja dibidang penanganan informasi dibanding bidang pertanian dan industry.

TEKNOLOGI

Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintfik ke praktis. Atau dengan kata lain, Teknologi adalah pengaplikasian teori yang ada pada sains atau seni secara nyata. Atau, gagasan-gagasan sains yang dimunculkan dalam bentuk nyata.
Tujuan dari teknologi informasi adalah memecahkan masalah (solving problem), meningkatkan kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Perlunya teknologi informasi adalah karena adanya kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, perlunya respon yang cepat, persaingan bisnis, dan peningkatan layanan.

KOMPONEN TEKNOLOGI INFORMASI
Ada tiga komponen mendasar dalam teknologi informasi, yaitu Hardware (HW), Software (SW), dan Brainware (BW).
1.      Hardware adalah istilah umum yang merujuk kepada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi, atau dengan kata lain, hardware merupakan bagian dari teknologi yang dapat dilihat secara langsung.
2.      Software merupakan konfigurasi antara program, dokumen, dan data. Sebuah program, baru bisa dikatakan sebagai software apabila dia telah memiliki tiga kategori diatas.
3.      Brainware adalah operator, atau manusia yang mengoperasikan dan menjalankan teknologi.
Selain 3 komponen utama diatas, ada lagi 2 komponen yang lain, yaitu Firmware dan Infoware.
1.      Firmware, Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
2.      Infoware, merupakan dokumen yang mendukung hardware dan software, contohnya adalah SOP.